Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Kelulusan SMK Terbaru

Ini merupakan aplikasi berbasis web (PHP, MySQL/MariaDB) yang dapat dimanfaatkan untuk pengumuman kelulusan sekolah (SMK). Dengan aplikasi ini, siswa tidak perlu lagi datang ke sekolah untuk mengetahui hasil kelulusannya, cukup dengan akses internet (via komputer atau gadget). Dengan siswa mengakses web resmi sekolah, tentu akan meningkatkan visit-rate.

Bugs Aplikasi Kelulusan SMK

Ada beberapa orang yang berhasil melakukan instalasi secara lokal tapi gagal instalasi pada server hosting. Kegagalannya di-identifikasi tidak bisa login. FYI, aplikasi ini sebenarnya dalam bentuk PHP NATIVE dan sifatnya (amat) sangat sederhana. Fitur login yang digunakan dalam aplikasi ini menggunakan fungsi redirect dengan perintah header() dalam PHP (baca Fungsi Header ini). Fitur login tidak berfungsi disebabkan halaman login tidak dapat melakukan redirect.


Solusi Bugs Aplikasi Kelulusan SMK

Kemungkinan pertama, fitur redirect dengan perintah header() tidak di-ijinkan oleh server hosting. (kemungkinan ini sangat mustahil saat ini, kecuali menggunakan layanan gratisan)

Kemungkinan kedua, karena Byte Order Mark (BOM) pada file login.php. Untuk mengetahuinya, aktifkan error reporting lengkap. Petunjuknya bisa baca di sini.
Solusinya?

Bisa dengan menggunakan redirect a la JavaScript yang sudah dicatat dalam file login.php baris 78-88. Yang perlu diperhatikan adalah baris 84-85 yang semula

header('Location: ./');
//echo '<script>window.location("./");</script>';
ubah menjadi

//header('Location: ./');
echo '<script>window.location("./");</script>';
mudah kan?

Masih juga bermasalah? Sebaiknya anda hire orang IT beneran yang bisa koding untuk memodifikasi aplikasi ini, i mean it.

Screenshoot APlikasi Kelulusan SMK Terbaru

Berikut adalah tampilan dari Aplikasi Kelulusan SMK terbaru

Tampilan Aplikasi Kelulusan SMK Terbaru

Tampilan Aplikasi Kelulusan SMK Terbaru



Tampilan Aplikasi Kelulusan SMK Terbaru


Spesifikasi Aplikasi Kelulusan SMK Terbaru

  • Aplikasi ini ditulis dalam skrip PHP 5.x (ke atas) yang mendukung penggunaan sintaks MySQL Improved.
  • Database MySQL/MariaDB.
  • Untuk tampilan interface, kami serahkan pada Twitter Bootstrap (versi 3.x).
  • jQuery dan sebagainya yang bisa dilihat dalam langsung pada file-file yang ada.



Cara instal Aplikasi Kelulusan SMK

  • Unduh telebih dahulu file Kelulusan KLIK DISINI
  • Ekstrak dengan menggunakan tools favorit anda: 7zip, WinRAR, WinZip, atau yang lain.
  • Login ke cPanel web sekolah anda,
  • buat direktori/folder (misalnya: lulus) dalam direktori document root (www, public_html, atau htdocs) pada server anda.
  • buat database untuk menampung data kelulusan. Buat juga username dan password khusus untuk database kelulusan, jika perlu.
  • Nama database pada prinsipnya bebas, walaupun pada aplikasi ini diberi nama un2016 yang meng-indikasikan tahun pembuatan. Anda dapat memberi nama apa saja.
  • Unggah file-file yang telah di-ekstrak ke direktori yang telah dibuat tadi.
  • Edit file database.php sesuai dengan konfigurasi pada server anda. Jangan lupa untuk disimpan :)


define('DB_HOST','localhost');  //alamat server database, umumnya 'localhost'define('DB_USER','root');       //ganti dengan nama user databasedefine('DB_PASS','');           //isi dengan password user databasedefine('DB_NAME','un2016');     //ganti dengan nama database yang telah dibuat
  • Buka laman phpMyAdmin dari cPanel dan impor file un2016.sql ke dalam database yang telah dibuat pada diatas .
  • Jika sudah, anda dapat mengakses halaman kelulusan (misalnya: http://websekolah.sch.id/lulus/) dan halaman admin (misalnya: http://websekolah.sch.id/lulus/admin/)


username: adminpassword: admin
  • Pada halaman admin, anda dapat melakukan impor file kelulusan dalam format CSV (seperti pada file: un_siswa.csv). File CSV ini bisa anda buat dengan menggunakan aplikasi spreadsheet seperti Ms Excel. Untuk mudahnya, anda dapat mengedit data dalam file un_siswa.csv yang disertakan.
Untuk Hosting saya biasa menggunakan hosting dibawah ini



demikianlah postingan kali ini mengenai "Aplikasi Kelulusan SMK Terbaru", semoga bermanfaat buat kalian semua. Jika ada link yang tidak aktif silakan beritahu kami lewat kolom komentar.